Langsung ke konten utama

BATU AKIK, LAGI BOOMING

BATU AKIK, LAGI BOOMING
           
Yoga Pradito Wibiyantoro
Dewasa ini, Batu akik sekarang menjadi tren bagi masyarakat Indonesia sekarang. Batu akik pun sekarang banyak dijual-jual ditoko-toko khusus menjual batu akik yang ada di Indonesia. Bahkan yang memakai batu akik kebanyakan mulai dari kalangan artis-artis, sampai masyarakat umum. Penemuan-penemuan batu akik  banyak mulai ditemukan di daerah mulai dari Aceh sampai daerah-daerah lainnya.          
            Batu akik ternyata memiliki kekuatan magis didalamnya dan itu didapat infonya dari beberapa pernyataan-pernyataan masyarakat. Penjualan batu akik sekarang meningkat karena posisi batu akik sedang Booming-boomingnya. Batu akik lagi digemari masyarat Indonesia Hidupkarena banyak penemuan batu akik sehingga harga batu akik menjadi melambung tinggi. Mulai dari harga ratusan ribu bahkan sampai ratusan juta. Boomingnya akik, Masyarakat Indonesia  banyak membeli batu akik dengan harga yang mahal dan banyak dijadikan koleksi.
            Banyak media-media yang mau memberitakan beberapa penemuan batu akik diberbagai daerah di Indonesia. Infotaiment juga sering memberitakan kalangan artis-artis yang sukai mengoleksi batu akik. Hal itu juga dapat memberi pengaruh yang kuat pada khalayak umum sehingga masyarakat mulai terbuai dengan batu akik. Batu akik banyak ditemukan banyak dibuat berbagai pernak-pernik perhiasan seperti cincin, gelang, kalung dll. Pernak-pernik batu banyak digemari karena adanya berbagai bentuk, model, warna yang menarik.  
            Banyak kalangan masyarakat Indonesia yang sering melakukan perkumpulan-perkumpulan pengoleksi batu akik hanya untuk memamerkan koleksi batunya. Apalagi kalangan artis-artis penyuka batu akik pasti selalu mengikuti perkumpulan-perkumpulan pengoleksi batu. Bahkan khlayak atau masyarakat umum penyuka akik mau rela membeli batu akik walaupun harga sangat mahal. Padahal masyarakat Indonesia masih banyak mengalami kekeurangan dalam memenuhi kebutuhannya.
            Boomingnya, Akik membuat banyak pengoleksi dan toko-toko penyedia akik sering mengadakan pameran-pameran di Mall dan tempat tertentu untuk menarik peminat masyarakat penyuka akik. Pengoleksi akik juga sering membawa barangnya dimana meraka berada. Padahal boomingnya akik tak selama selalu menjadi perhatian masyarakat terus-menerus, kalau sudah pasti seperti angin berlalu. Harga batu akik tidak akan pernah stabil seperti harga emas. Karena harga batu akik  tidak akan pernah stabil kalu sudah lewat pasti harganya akan menurun lagi.
Masyarakat Indonesia sekarang lebih dengan hal-hal tayangan hanya membawa mereka menjadi manusia hedonis. Berita-berita tayangan artis yang suka memamerkan koleksi-koleksi akiknya kepada khalayak umum. Kebanyakan berita tersebut dari tayangan infotaiment yang menceritakan kehidupan artis. Masyarakat indonesia juga lebih menykai berita-berita mengenai hal tersebut
    Dimana para artis menyatakan bahwa harga-harga batu akik memiliki harga yang sangat mahal. Padahal ajakan tersebut hanya akan membawa masyarakat Indonesia menjadi konsumen yang konsumtif. Hal ini bisa menyebabkan masyarakat Indonesia tidak peka terhadap kondisi sosial yang sekarang terjadi. Seharusnya tayangan-tayangan berita itu bisa memberikan informasi edukatif kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu apa yang terjadi pada negeri ini. Informasi yang diberitakan juga bisa mediasi antara pemerintah Indonesia.
Berita-berita tentang akik juga dapat menjadi bahan pengalihan isu-isu di masyarakat. Karena yang diberitakan masalahnya semua belum selesai diwartakan. Hal ini dapat mengurangi kepekaan sosial yang ada pada khalayak umum yang menjadi audiens. Masyarakat yang sudah kehilangan kepekaan sosial akan menyebabkan masyarakat menjadi hedonis yang hanya melakukan kesenangan saja.
Seorang jurnalis juga harus peka terhadap kondisi sosial di masyarakatnya. Peliput berita juga harus tahu mana berita yang baik. Berita yang diinformasikan kepada audien sebaiknya bisa membangun kontruksi pemahaman masyarakat. Harapannya masyarakat bisa mendapat hal-hal yang positif dari berita yang telah dilihatnya. Masyarakat yang telah mengetahui masalah berita tersebut bisa memberikan respon masalah tersebut. Pemerintah juga bisa mengakomodasi respon-respon masyarakat sehingga bisa menjadi konsensus bersama dalam mencapai kebaikan bersama 
    Masyarakat penggila akik menganggap akik memiliki kekuatan magis. Dalam Islam apabila seorang muslim percaya benda-benda memiliki kekuatan magis maka dia termasuk orang yang syirik. Adanya batu akik yang harga yang mahal menyebabkan seseorang menjadi sombong. Dia termasuk orang yang suka menghamburkankan harta hanya untuk membeli akik berharga ratusan juta padahal kalau bisa uang yang digunakan untuk membantu orang-orang mengalami kekurangan.
            Islam mengajarkan kita untuk tidak berlebih-lebihanan dalam menggunakan apa yang kita punya. Manusia yang hanya menginginkan kesenangan saja juga termasuk manusia egois dan hedonis. Manusia yang memiliki akal seharusnya tahu apa yang harus diprioritas dalam memenuhi kebutuhan sehingga dalam memenuhi kebutuhan tidak melakukan hal-hal yang berlebihan. Karena hal-hal yang berlebihan tidak disukai oleh Allah SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PLENO 1 KPP 2014-2015

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG SUKOHARJO KOMISARIAT AHMAD DAHLAN I PERIODE 2013-2014 BIDANG KEWIRAUSAHAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI Sekretariat; Dk. Morodipan Rt 02/Rw 01 Gonilan kartasura Sukoharjo Email: hmi_ad1@yahoo.com ,@Hmi_komAD1, Hp 085870179547/085740012136 Presidium sidang pleno 1 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya hormati, Pengurus Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya banggakan, Kanda / Yunda pengurus Cabang dan MPKPK Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya hormati, Adinda kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam yang saya banggakan dan saya sayangi, Tamu undangan dan semua kader HMI Cabang Sukoharjo yang telah rela berjuang untuk perubahan bangsa dan Negara yang saya hormati, BAB I PENDAHULUAN             Assalamualaikum warohmatulluhi wabarokatu             Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT   atas segala limpahan nikmat serta hidayah sehi

PROPOSAL USAHA YOGA

PROPOSAL USAHA YOGA PROPOSAL USAHA YOGA Makalah ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan Disusun Oleh :  Nama : Yoga Pradito W NIM : J310120039 PROGRAM STUDI GIZI S1 FAK ULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2015   KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan Gizi S1 . Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, na

Donat Kampung

Donat Kampung Donat kamp ung yang padat namun em puk seperti bantal selalu membuat saya bern ostalgia tentang masa kecil. Dulu waktu saya masih tinggal di Paron dan duduk di bangku Sekolah Dasar,  kami memiliki tetangga yang luar biasa baik hati. Hampir setiap minggu sepiring donat hangat yang baru saja keluar dari penggorengan dengan taburan gula halus di permukaanya akan diantarkan ke rumah. Saat itu kondisi perekonomian orang tua saya cukup memprihatinkan dengan empat orang anak kecil yang memiliki nafsu makan seperti raksasa, membuat Ibu saya benar-benar harus mengatur keuangan dengan sangat ketat. Jajan makanan di luar merupakan kemewahan dan tidak pernah kami lakukan bahkan walau hanya untuk sepotong pisang goreng yang dijual di warung kopi di sebelah rumah.  Menyanta p donat hangat tidak pernah muncul di dalam be nak kami hingga tiba-tiba di satu sore yang mendung salah satu anak gadis tetangga sebelah mengetuk pintu r umah dan mengulurkan sepiring makana