Langsung ke konten utama

Brownies Kukus Keju Pandan (Pandan Cheese Brownies)

Brownies Kukus Keju Pandan (Pandan Cheese Brownies)

Walaupun bernama brownies, kue ini tidak berwarna coklat selayaknya brownies lainnya, tetapi untuk tekstur sama seperti brownies. Padat dan legit.  Selain lezat, brownies pandan ini mudah untuk dibuat. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencobanya dirumah jika bosan dengan brownies coklat tapi ingin merasakan cake yang padat dan legit. Kue-kue berwarna hijau dengan aroma pandan memang menggugah selera, entah kenapa warna hijau di makanan terutama untuk kue selalu membangkitkan nafsu makan. Nah bagi anda yang masih pemula dalam urusan kukus mengukus cake maka tips untuk mengukus pernah saya posting sebelumnya di Tips Sukses Mengukus Cake, silahkan anda klik disini untuk membacanya. Topping buttercream memang terlihat berat di kue jadi terserah dengan anda apakah akan menggunakannya atau tidak karena tanpa topping pun brownies ini tetap terasa lezat.



Jika anda merasa brownies yang anda buat terkesan kurang tinggi dan kurang banyak, ini karena saya hanya menggunakan setengah resep aslinya. Jadi silahkan untuk menambah porsi masing-masing bahan menjadi dua kali lipat dari resep yang saya sertakan di bawah untuk membuat brownies yang lebih banyak hasilnya. Resep di bawah menuntut anda menggunakan cream cheese sebagai salah satu bahannya, saya tahu terkadang tidak mudah mendapatkan bahan ini di derah tertentu. Jika tidak ada anda bisa menggantinya dengan keju cheddar parut. Atau anda juga bisa membuat cream cheese sendiri di rumah, saya pernah posting mengenai homemade cream cheese ini, silahkan klik link disini untuk melihat prosesnya. 

Tidak ada mentega hanya ada margarine atau sebaliknya? Kue ini tetap lezat jika anda hanya menggunakan mentega saja atau margarine saja, jangan sampai petualangan mencoba brownies ini menjadi terhambat karena kedua bahan ini tidak lengkap.  Selebihnya tidak ada yang susah dalam membuat kue ini, asalkan resep dan proses diikuti dengan seksama maka saya jamin anda akan sukses membuatnya. 

Yuk kita coba untuk membuatnya. 
Brownies Kukus Keju Pandan 
Resep diadaptasikan dari 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati.  

Untuk 1 loyang loaf (1/2 resep asli)

Bahan:
- 3 butir kuning telur
- 2 butir putih telur
- 65 gram gula pasir
- 4 gram cake emulsifier (Tbm, sp, Ovalet), saya pakai ovalet
- 1/4 sendok teh vanilla bubuk
- 75 gram tepung terigu protein sedang (misal Segitiga Biru)
- 10 gram susu bubuk full cream
- 1/4 sendok teh baking powder (saya menggunakan double acting)

Cairkan:
- 30 gram mentega
- 30 gram margarine
- 40 gram coklat blok putih
- 40 gram cream cheese
- 1/2 sendok teh pasta pandan

Pelengkap:
- Buttercream siap pakai
- 20 gram keju cheddar parut untuk taburan.

Cara membuat:
Siapkan loyang loaf, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga permukaannya tertutup rata. Sisihkan. 

Ayak tepung terigu, baking powder, susu bubuk full cream dan vanilla bubuk. Sisihkan.

Cairkan mentega, margarine, cream cheese, coklat putih blok dan pasta pandan dengan cara tim. Aduk-aduk hingga cair dan tercampur rata. Biarkan mendingin.


Dalam mangkuk mixer, kocok telur, gula pasir dan ovalet hingga mengembang dan putih. Matikan mixer, masukkan tepung terigu, aduk perlahan hingga tercampur, tambahkan mentega cair kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuangkan ke dalam loyang.


Panaskan dandang kukusan, masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru tutup dengan penutup dandang. Kukus selama 40 menit hingga kue matang. Selama pengukusan jangan membuka tutup dandang.


Keluarkan kue dari kukusan, biarkan dingin selama 5 menit kemudian keluarkan dari loyang. Biarkan kue dingin sempurna sebelum kita berikan buttercream diatasnya. 

Letakkan kue di tempat datar, dengan menggunakan spatula olesi permukaan kue dengan buttercream hingga tertutup sempurna. Taburi dengan keju parut diatasnya. 

Cake siap untuk dipotong dan disajikan. Selamat mencoba!

Brownies Kukus Ketan Hitam

Brownies kukus ketan hitam ini mirip dengan cake kukus ketan hitam yang pernah saya posting sebelumnya di artikel, Cake Kukus Ketan Hitam: Si Hitam Manis Nan Sedap. Perbedaannya adalah resep brownies kukus ini saya ambil dari buku masak Ny. Liem dan ada sedikit perbedaan di bahan yang digunakan. Menurut saya, untuk rasa dan tekstur memang lebih padat dan mantap cake kukus ketan hitam sebelumnya yang resepnya saya comot dari  blog Lily's Wai Sek Hong. Brownies kukus ini teksturnya lebih remah dan berongga, adonannya pun saat dikocok mengembang dan kental sekali berbeda dengan cake kukus ketan hitam yang encer. Namun jika anda penghindar santan maka saya lebih merekomendasikan brownies kukus yang ini.


Tipsnya untuk membuat brownies kukus ini adalah mengocok telur, gula dan emulsifier hingga adonan berwarna putih dan pekat. Saat spatula anda angkat maka adonan tidak menetes ke bawah, jika menggunakan home mixer merk Phillips seperti saya maka membutuhkan waktu kira-kira sepuluh hingga lima belas menit untuk membuatnya mengembang dan pekat seperti yang dinginkan. Ayak tepung terigu, tepung ketan hitam dan baking powder langsung di atas kocokan telur+gula sehingga tepung remah, tidak menggumpal dan mudah bercampur dengan adonan telur.

Cairkan mentega & margarine dengan menggunakan api kecil hanya agar cair saja dan bukan mendidih. Jaga agar minyak di mentega tidak pecah dan terpisah, karena itu ketika mentega sebagian telah mencair, biasanya saya akan mematikan api kompor dan mentega saya aduk-aduk hingga mencair seluruhnya. Mentega dan margarine ini bisa anda ganti dengan minyak sayur biasa ya. Aduk adonan dengan cara membalikkan spatula dan bukan mengaduknya berputar seperti jarum jam. Cara ini membuat mentega cair dan bahan lainnya bisa tercampur sempurna. Caranya, masukkan spatula dengan gerakan mengiris dari bagian tepi mangkuk, kemudian putar pergelangan tangan anda sehingga telapak tangan yang menggenggam spatula menghadap keatas, dengan cara ini adonan seakan terbalik sehingga mentega dan tepung yang terperangkap diantara kocokan telur dan gula yang pekat menjadi terbuka dan buyar. 
Berikut resepnya ya. 
 

Brownies Kukus Ketan Hitam
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati
Untuk 2 loyang tulban diameter 22 cm
Bahan I:
- 6 butir telur ayam suhu ruang
- 250 gram gula pasir
- 10 gram emulsifier (Starkis, Ovalet, SP) saya menggunakan Starkis
- 1/4 sendok teh vanili bubuk, saya pakai 1 sendok teh vanili ekstrak
- 1/4 sendok teh garam

Bahan II, ayak langsung di atas kocokan telur:
- 175 gram tepung ketan hitam
- 150 gram tepung terigu serba guna/protein sedang (Segitiga Biru)
- 1 sendok teh baking powder, pastikan fresh

Bahan III, cairkan jadi satu:
- 75 gram mentega
- 75 gram margarine
- 2 sendok makan susu kental manis

Untuk ganache, cairkan dengan cara tim:
- 50 gram coklat blok putih
- 1 1/2 sendok teh mentega

Cara membuat:
Siapkan loyang tulban (loyang cincin, lubang di tengah) ukuran diameter 22 cm. Olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan. 
Siapkan mixer, masukkan bahan I ke dalam mangkuk mixer, pertama-tama kocok dengan speed rendah agar bahan tercampur kemudian rubah menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga bahan mengembang, kental dan berwarna putih. 

Adonan dianggap mengembang dan jadi jika spatula kita celupkan ke dalam adonan dan kemudian spatula kita angkat maka adonan tidak menetes. 

Siapkan ayakan, letakkan diatas kocokan dan masukkan tepung terigu, tepung ketan hitam dan baking powder ke dalam ayakan. Ayak tepung secara bertahap sedikit demi sedikit sambil bergantian mengaduk adonan hingga tepung habis. Aduk adonan hingga tercampur rata.
Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk menggunakan spatula seperti cara yang saya jelaskan di atas hingga menjadi adonan yang tercampur rata. Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah disiapkan. 

Panaskan dandang kukusan dengan api sedang hingga mendidih, masukkan loyang ke dalam kukusan. Tutup mulut kukusan dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup dandang dengan penutup kukusan dan kukus brownies selama 45 hingga 50 menit meggunakan api besar. Jangan membuka penutup kukusan selama brownies dimasak.

Keluarkan brownies dari kukusan, biarkan sebentar hingga uap menghilang. Sisirkan pisau di bagian tepi loyang agar brownies mudah lepas dari loyang. Balikkan kue di piring datar. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum kita hias dengan coklat putih. 

Membuat ganache:
Siapakan panci kecil, masukkan coklat blok dan mentega, masak dengan cara tim hingga coklat dan mentega meleleh. Aduk-aduk selama coklat dimasak. Jika adonan telah benar-benar lumer dan cair, angkat panci dari api. Biarkan hingga agak hangat, masukkan coklat cair ke dalam plastik segitiga, ikat rapat mulut plastik dan gunting sedikit bagian ujungnya. Semprotkan coklat cair ke permukaan brownies, buat pola sesuai dengan kesukaan dan kreatifitas anda. 

Potong-potong brownies dengan pisau tajam dan sajikan. Selamat mencoba!

Source:
500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PLENO 1 KPP 2014-2015

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG SUKOHARJO KOMISARIAT AHMAD DAHLAN I PERIODE 2013-2014 BIDANG KEWIRAUSAHAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI Sekretariat; Dk. Morodipan Rt 02/Rw 01 Gonilan kartasura Sukoharjo Email: hmi_ad1@yahoo.com ,@Hmi_komAD1, Hp 085870179547/085740012136 Presidium sidang pleno 1 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya hormati, Pengurus Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya banggakan, Kanda / Yunda pengurus Cabang dan MPKPK Komisariat Ahmad Dahlan I yang saya hormati, Adinda kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam yang saya banggakan dan saya sayangi, Tamu undangan dan semua kader HMI Cabang Sukoharjo yang telah rela berjuang untuk perubahan bangsa dan Negara yang saya hormati, BAB I PENDAHULUAN             Assalamualaikum warohmatulluhi wabarokatu             Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT   atas segala limpahan nikmat serta hidayah sehi

PROPOSAL USAHA YOGA

PROPOSAL USAHA YOGA PROPOSAL USAHA YOGA Makalah ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan Disusun Oleh :  Nama : Yoga Pradito W NIM : J310120039 PROGRAM STUDI GIZI S1 FAK ULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2015   KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan Gizi S1 . Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, na

Donat Kampung

Donat Kampung Donat kamp ung yang padat namun em puk seperti bantal selalu membuat saya bern ostalgia tentang masa kecil. Dulu waktu saya masih tinggal di Paron dan duduk di bangku Sekolah Dasar,  kami memiliki tetangga yang luar biasa baik hati. Hampir setiap minggu sepiring donat hangat yang baru saja keluar dari penggorengan dengan taburan gula halus di permukaanya akan diantarkan ke rumah. Saat itu kondisi perekonomian orang tua saya cukup memprihatinkan dengan empat orang anak kecil yang memiliki nafsu makan seperti raksasa, membuat Ibu saya benar-benar harus mengatur keuangan dengan sangat ketat. Jajan makanan di luar merupakan kemewahan dan tidak pernah kami lakukan bahkan walau hanya untuk sepotong pisang goreng yang dijual di warung kopi di sebelah rumah.  Menyanta p donat hangat tidak pernah muncul di dalam be nak kami hingga tiba-tiba di satu sore yang mendung salah satu anak gadis tetangga sebelah mengetuk pintu r umah dan mengulurkan sepiring makana